Kamis, 18 Februari 2016

Rangkuman SBK kelas IX

SENI RUPA


A.Apresiasi Seni

     Apresiasi berasal dari Bahasa Latin, Appretiatus yang artinya penilaian/penghargaan.
Apresiasi dilihat dari Bahasa Inggris, Appreciate, yang artinya menentukan atau menunjukkan nilai, atau menilai, melihat bobot karya, menikmati kemudian menyadari kepekaan rasa dan menghayati.Dalam proses apresiasi kreatif dapat melalui beberapa tahapan khusus, antara lain :

  1.Pengamatan objek karya seni
     Menurut Verbeek, pengamatan bukanlah mengunakan satu indra saja, melainkan                  pemberdayaan seluruh pribadi. Yang artinya: ketajaman pengamatan seseorang                  tergantung pada pengetahuan pengetahuan, pengalaman, perasaan, keinginan dan              anggapan seseorang. Pengamatan terhadap objek/hasil karya seni merupakan                      pengamatan terhadap suatu objek yang terdiri atas totalitas yang penuh arti.
  2.Aktivitas fisiologis
     Tindakan nyata untuk melakukan sesuatu
  3.Aktivitas psikologis
     Terjadinya persepsi sampai dengan evaluasi kemudian timbul interpretasi imajinatif dan        dorongan berbuat kreatif
  4.Aktivitas penghayatan
     Terjadinya sebuah perenungan terhadap sebuah objek
  5.Aktivitas penghargaan
     Terjadiya sebuah evaluasi terhadap objek. Evaluasi dapat berapa saran dan kritikan

Unsur – Unsur Seni Rupa

A.Garis  
    Garis adalah goresan atau batas limit dari suatu benda, ruang, bidang, warna,  texture,  dan lainnya. Garis mempunyai dimensi memanjang dan mempunyai arah tertentu, garis mempunyai berbagai sifat, seperti pendek, panjang, lurus, tipis, vertikal, horizontal, melengkung, berombak, halus, tebal, miring, patah-patah, dan masih banyak lagi sifat-sifat yang lain.

B.Bidang  
    Bidang dalam seni  rupa merupakan salah satu unsur seni  rupa yang terbentuk dari hubungan beberapa garis. Bidang dibatasi kontur dan merupakan 2 dimensi, menyatakan permukaan, dan memiliki ukuran Bidang dasar dalam seni rupa antara lain, bidang segitiga, segiempat, trapesium, lingkaran, oval, dan segi banyak lainnya.

C.Bentuk  
    Bentuk dalam pengertian bahasa, dapat berarti bangun (shape) atau bentuk plastis (form). Bangun (shape) ialah bentuk benda yang polos, seperti yang terlihat oleh mata, sekedar untuk menyebut sifatnya yang bulat, persegi, ornamental, tak teratur dan sebagainya.

D.Ruang
   Ruang dalam arti yang luas adalah seluruh keluasan, termasuk di dalamnya hawa udara. Dalam pengertian yang sempit ruang dibedakan menjadi dua, yaitu ruang negatif dan ruang positif.

E.Warna
    Warna merupakan unsur penting dan paling dominant dalam sebuah penciptaan karya desain. Melalui warna orang dapat menggambarkan suatu benda mencapai kesesuaian dengan kenyataan yang sebenarnya. Warna dapat dikelompokkan berdasarkan jenis warna, sifat warna, dan makna warna.
 
F.Tekstur
    Tekstur adalah nilai raba pada suatu permukaan, baik itu nyata maupun semu. Suatu permukaan mungkin kasar, mungkin juga halus, mungkin juga lunak mungkin juga kasap atau licin dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar